Selasa, 03 Agustus 2010

DEMAM UNO jadii GOKIL tambah akrab

Sebelum saya menceritakan tentang ke GOKILAN kamii sesama anak rantau yang ada di Bandung. Saya akan menerangkan “sekilas info” tentang UNO permainan yang sering kami mainkan ..

UNO (BahasaSpanyol dan bahasaItalia "SATU") adalah sebuah permainan kartu yang dimainkan dengan kartu dicetak khusus (lihat Mau Mau untuk permainan yang hampir sama dengan kartu remi biasa). Permainan ini dikembangkan pada 1971 oleh Merle Robbins. (keterangan ini saya dapatkan di Mr.Google)

Putri Randestri saputri , nama beken nya sih kak mput memperkenalkan kartu UNO kepada kami (Sisil, Balia, ori, dani, tomi, fazil, fahri, feri, agus, n pian cool)

Awalnya kita pikir main kartu ini susah. Tapi pas ngejalanin ternyata bermain kartu UNO ini simple banget. Kita tinggal ngikutin kartu yang terakhir kali dibuka ama temen sebelah kanan atau sebelah kiri. Jangan heran nggak seperti permainan kartu lain yang umumnya berjalan searah jarum jam dalam permainan UNO arah bisa sewaktu-waktu dirubah karena ada kartu yang khusus untuk merubah arah. Jadi kita bisa ngerjain temen yang disebelah kanan atau yang disebelah kiri. Tinggal sesuai selera aja. Selain merubah arah dalam permainan UNO ini juga dikenal tambah 2 atau tambah empat. Nah kalo anda membanting kartu ini itu artinya teman disamping anda yang dapet giliran jalan harus mengambil dua buah atau empat buah kartu sekaligus. Trus ada juga kartu yang fungsinya untuk membuat teman disamping anda tidak jalan. Huruf dikartunya menyerupai huruf e. Nah kalo ada yang buang kartu ini berarti giliran pemain berikutnya lewat alias kehilangan hak membuang kartunya. Kartu yang dibuang berdasarkan warna atau angka. Ada empat warna dalam permainan kartu UNO ini Merah, Biru, Kuning dan Hijau. Warna kartu sewaktu-waktu bisa anda ubah sesuai selera anda asalkan anda memiliki kartu dengan gambar empat buah warna. Bila kartu anda tinggal bersisa satu maka anda diwajibkan untuk berteriak "UNO" jika anda lupa dan teman bermain anda menyebut kata UNO itu artinya anda diharuskan mengambil empat buah kartu tambahan. Jika kartu dibawah habis maka anda harus mengambil kartu teman disamping anda. Satu peraturan yang Kak mput buat adalah yang main dilarang berbicara bahasa pulau, tau sendiri kan anak-anak natuna ada yang dari ranai, sedanau, serasan, midai dan pulau tetangga lainnya ..ckckck . kami sangad kewalahan saat berkumpul dgn anak2 natuna tapii harus berbahasa Indonesia yang baik dan benar pastii slalu keceplosan bilang “AWAK LAK YOW YANG JOLON” . Hukumannya ya harus cabut 2 kartu ..alhasil kartunya nggak abis-abis (kayak mau NGIPAS SATE) hahahahahha.

Banyak kejadian lucu ketika bermain kartu UNO ini. Walaupun kartu tinggal bersisa satu tidak menjamin anda akan keluar sebagai pemenang karena sewaktu-waktu teman disamping anda bisa saja memerintahkan untuk mengambil dua kartu atau empat kartu tambahan lagi. Nah pada permainan kali ini empat orang tersangka alias yang kalah mendapatkan hukuman. Hukumannya seluruh pemain mencoret muka orang yang kalah ini dengan lipstik. Jadi ada empat korban yang mendapat kehormatan untuk mempermanis wajahnya dengan lipstik. Mereka adalah Kak mput (yg memperkenalkan UNO kpd kami), Dani, Balia, dan Fahry. Foto-foto GOKILnya bisa dilihat dokumentasi kami saat permainan berlangsung makin larut kami makin tergila-gila dengan permainan yang baru kami kenal ini. Pokoknya top abis dijamin nggak bakalan sepi deh suasananya. Bagi ncek-ncek..abang-abang,,adeq-adeq..kakak-kakak.. yang berminat mencoba kartu UNO ini bisa anda beli di Bandung Indah Plaza. Selamat Mencoba. Di toko cina terdekat juga boleh dicari kalau teman-teman yang berada di Natuna berminat .. whehehehe :D


yang maen UNO ni (sebagian)






2 komentar:

  1. hahaaa.....gokil,jadi ingat pas ngumpul ma temen2 gw..yang kalah main poker mukanya dilukis pake arang wajan mang nasi goreng...berminyak2 dan merusak kulit wajah hahahahaaaaaa

    BalasHapus